Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahanan Pangan Diklaim Masih Terjaga

Kompas.com - 05/07/2013, 17:47 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis


BOGOR, KOMPAS.com - Menjelang puasa, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Achmad Suryana mengatakan posisi ketahanan pangan dalam kondisi normal. Saat ini jumlah ketahanan ptotein mencapai lebih dari 87 gram, dari kebutuhan normal 57 gram per kapita per hari.

"Posisi ketahanan pangan kita normal, diukur dari ketersediaan protein," ujarnya di Kantor Pos di Jalan Layungsari III, Bogor Selatan, Jumat (5/7/2013).

Begitu juga dengan kebutuhan energi yang saat ini mencapai lebih dari 3.500 kilo kalori per kapita per hari, dari 2.200 kilo kalori yang dibutuhkan per kapita per harinya.

Achmad mengatakan bahwa bahan pangan pokok beras tahun ini diproyeksikan masih surplus sebanyak 6 juta ton. Untuk saat ini, produksi beras mencapai 39 juta ton.

"Bulog juga masih bisa menyerap 13.000 ton, kalau akhir tahun 1,4 juta atau 1,6 juta ton," kata Achmad.

Sampai saat ini, ujarnya, Bulog tidak perlu mengeluarkan stok berasnya, dan ketersediaan bahan pangan itu mencukupi. "Mereka (Bulog) memperkirakan, setelah dikurangi raskin, masih tersedia 1,5 juta ton. Stok biasanya dikeluarkan kalau ada bencana atau harga bergejolak," tutup Achmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com