Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Lima Anggota Badan Supervisi Bank Indonesia Terpilih

Kompas.com - 09/07/2013, 07:25 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi XI DPR akhirnya memilih lima orang dari 10 kandidat untuk menjadi anggota Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) periode 2013-2016. Pemilihan ini untuk menggantikan anggota BSBI periode 2010-2013 lalu.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Azis mengatakan, pemilihan anggota BSBI tersebut dilakukan secara aklamasi.

"Yang menjadi anggota BSBI yaitu Umar Juoro, Fadhil Hasan, Erani Yustika, Sri Adiningsih, dan Chairul Jakman," kata Harry di Komisi XI DPR Jakarta, Senin (8/7/2013).

Pemilihan anggota BSBI ini sebenarnya dilakukan secara internal dan tertutup. Namun, untuk mekanismenya, seluruh anggota Komisi XI DPR memilih secara aklamasi.

Keputusan memilih lima orang anggota BSBI ini dilakukan oleh 51 orang anggota Komisi XI DPR. Rapat ini dilakukan sejak pukul 19.00 WIB.

Sebelumnya, Komisi XI DPR telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon anggota BSBI periode 2013-2016 pada Rabu 3 Juli 2013 lalu.

Namun, karena ingin disatukan dengan hasil pemilihan Deputi Gubernur BI, pemilihan akhirnya baru bisa dilakukan malam ini.

Sebanyak 10 nama kandidat anggota BSBI periode 2013-2016 yang melakukan fit and proper test pada 3 Juli 2013 lalu, yakni Chairul Djakman, Fadil Hassan, Arianto Patunru, A Tony Prasetiantono, Mudrajad Kuncoro, Sri Adiningsih, Ahmad Erani Yustika, Deswandhy Agusman, Umar Juoro, dan Sidharta Utama.

Namun, dari kesepuluh calon tersebut, terdapat dua orang yang tidak mengikuti proses fit and proper test.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com