Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2014, Alfamart Ekspansi ke Luar Negeri

Kompas.com - 09/07/2013, 10:17 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) siap melangkahkan kakinya ke luar negeri. Pemilik jaringan minimarket Alfamart ini berniat membuka gerai di negara-negara kawasan Asia Tenggara pada tahun 2014 mendatang.

Wakil Presiden Direktur Sumber Alfaria Trijaya Pudjianto mengungkapkan,  negara Asia Tenggara yang disasar adalah negara-negara dengan pertumbuhan growth domestic product antara 2.000 dollar AS-3.000 dollar AS per kapita.

"Awal tahun depan kami membuka peluang untuk membuka outlet di luar negeri, yang terdekat di ASEAN. Kami ingin membidik pasar yang marketnya sudah ada," kata Pudjianto di Jakarta, Senin (8/7/2013).

Menurut Pudjianto, pihaknya telah melakukan penjajakan dan juga studi banding untuk membuka outlet di negara ASEAN tersebut. Peluang terbesar untuk membuka gerai di luar negeri ada di negara Filipina, Thailand dan Vietnam. Namun, Pudjianto mengakui, di Vietnam lumayan sulit dalam pengurusan izin membuka usaha.

Pudjianto menyebutkan, dalam satu tahun Alfamart berpeluang untuk membuka satu sampai dengan dua gerai di negara ASEAN itu.

"Kami bukan membidik negara yang banyak warga negara Indonesia-nya, tapi justru membidik konsumen lain di luar negeri. Kami sudah melakukan studi selama satu sampai dua tahun untuk membuka pasar di luar negeri ini," ujar Pudjianto.

Meski begitu Pudjianto enggan merinci besaran nilai nominal ekspansi Alfamart ke luar negeri ini. Pudjianto hanya menyebut, anggaran dana belanja modal untuk ekspansi ini tidak menggunakan anggaran belanja modal tahun 2013 ini, melainkan dana capex tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com