Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Dunia Menguat Kembali

Kompas.com - 10/07/2013, 08:06 WIB


CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada Selasa (9/7/2013) waktu setempat  (Rabu pagi WIB) untuk kedua sesi berturut-turut. Kenaikan ini didorong oleh kenaikan harga konsumen China yang lebih besar dari perkiraan pada Juni.    

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus naik 11 dollar AS, atau 0,89 persen, menjadi menetap di 1.245,9 dollar AS per ounce. Namun, keuntungan dari Senin dan Selasa itu belum mampu menebus penurunan Jumat lalu sebesar 3,1 persen.    

Pada Selasa pagi, data yang dirilis oleh pemerintah China menunjukkan bahwa indeks harga konsumen naik 2,7 persen tahun ke tahun pada Juni, angka itu di atas 2,5 persen yang diperkirakan oleh para analis pasar.

Kenaikan inflasi itu menyebabkan para investor mengharapkan lebih banyak permintaan untuk emas dari China sebagai lindung nilai terhadap inflasi, analis mengatakan.

Namun demikian, beberapa analis percaya, emas juga berisiko untuk lebih banyak yang menjual pada Rabu, ketika risalah pertemuan kebijakan terakhir Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) AS pada 18-19 Juni akan dirilis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com