Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Bantah Teken Jual Beli Bersyarat dengan Axis

Kompas.com - 10/07/2013, 12:00 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
Operator telepon seluler (ponsel) PT XL Axiata Tbk (EXCL) membantah telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat (CSPA) untuk mengakuisisi 95 persen saham PT Axis Telekom Indonesia (Axis).

Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Hasnul Suhaimi, Direktur Utama EXCL dalam pesan singkatnya kepada KONTAN, Selasa (9/7/2013). "Belum (siap tanda tangan perjanjian jual beli). Belum ada yang dapat diinformasikan sekarang ini," ujar Hasnul.

Dia pun enggan berkomentar banyak soal rencana merger dengan Axis tersebut. Sebelumnya, Hasnul menjelaskan, rencana merger antar dua perusahaan operator ponsel itu masih dalam tahap konsultasi ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

"Kami sudah kirim surat ke Kemkominfo, seandainya merger akan seperti apa. Apakah melanggar aturan atau tidak." ujar Hasnul pekan lalu. Hasnul bilang, aksi korporasinya tergantung dari saran yang akan diberikan oleh Kemkominfo.

Sampai saat ini pihaknya masih menunggu saran dari Kemkominfo tersebut. "Lebih baik kami menunggu saja saran dari Kemkominfo. Kalau memungkinkan baru bicara lebih lanjut," ujar Hasnul diplomatis. Dia enggan menargetkan kapan proses merger tersebut dapat selesai.

Hasnul juga mengakui, pihaknya baru sebatas konsultasi dengan Kemkominfo. Jika sudah mendapat restu baru akan melapor juga ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terkait potensi monopoli dari proses merger antar dua perusahaan telekomunikasi tersebut.

Sebagai informasi saja, saat ini XL Axiata mempunyai tiga blok 3G pada frekuensi 2,1 GHz sedangkan Axis mempunyai dua blok. Jika proses merger tersebut berhasil maka XL akan memiliki blok 3G paling banyak pada frekuensi tersebut. (Oginawa R Prayogo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com