Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi China Benar-benar Suram

Kompas.com - 10/07/2013, 14:11 WIB
Bambang Priyo Jatmiko

Penulis


BEIJING, KOMPAS.com — China mendapati kenyataan bahwa perekonomiannya memang benar-benar suram, menyusul anjloknya kegiatan perdagangan di negara yang menjadi mesin ekonomi terbesar kedua di dunia ini.

Pemerintah China merilis data bahwa ekspor pada Juni anjlok 3,1 persen dan impor turun 0,7 persen, dari periode yang sama tahun lalu. Padahal, sejumlah analis memperkirakan kegiatan ekspor dan impor mengalami perbaikan pada bulan lalu.

Pada awal tahun ini, Pemerintah China telah menggunakan faktur palsu dalam menghitung kegiatan perdagangan sehingga membuat kegiatan ekspor seolah-olah tercatat naik signifikan. Hal ini sekaligus memunculkan kekhawatiran baru mengenai seberapa jauh perlambatan ekonomi global berpengaruh.

"Saat ini China menghadapi tantangan yang serius dalam kaitannya dengan perdagangan," ujar juru bicara Departemen Perdagangan China, Zheng Yuesheng, Rabu (10/7/2013).

Dia melanjutkan bahwa kegiatan ekspor pada kuartal-III diperkirakan masih suram. Departemen perdagangan mencatat para pengekspor kehilangan kepercayaan terhadap pasar di luar negeri, melonjaknya upah buruh, dan menguatnya mata uang yuan.

Perekonomian dunia saat ini menghadapi tantangan yang cukup besar lantaran lokomotif perekonomian global sedang menghadapi kesulitan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi AS masih lemah, perekonomian China sedang suram, dan Eropa belum juga keluar dari resesi ekonominya.

Hal itu membuat IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi global hanya di kisaran 3,1 persen pada tahun ini, atau turun dari perkiraan semula 3,3 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com