Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Masih Optimistis Ekonomi Tumbuh 7 Persen

Kompas.com - 12/07/2013, 14:37 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Menteri Keuangan China masih optimistis pertumbuhan ekonomi negaranya bisa mencapai 7 persen pada tahun ini, sekaligus memunculkan pertanyaan apakah mampu pertumbuhan ekonomi China mencapai 7,5 persen sebagaimana target pemerintah?

“Kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada tahun ini bisa mencapai 7 persen," ujar Lou Jiwei dalam pertemuan strategis dan dialog ekonomi antara China dan AS, Kamis (11/7/2013).

Dia mengklaim tidak ada masalah bagi China untuk menggenjot perekonomiannya hingga 7 persen. Hal itu diungkapkan Jiwei untuk menepis kekhawatiran bahwa mesin perekonomian terbesar kedua di dunia itu sedang melambat dan pemimpin China memaklumi hal itu.

Dalam pertemuan Partai Komunis China pada Maret lalu, diungkapkan bahwa target pertumbuhan ekonomi dipatok 7,5 persen, yang ditempuh dengan cara-cara konservatif.

China akan mengumumkan pertumbuhan ekonominya kuartal II-2013 pada Senin pekan depan. Dari 10 ekonom yang disurvei oleh AFP mengungkapkan pertumbuhan bisa mencapai 7,5 persen.

Jiwei mengungkapkan hal itu, setelah sebelumnya PM China, Li Keqiang mengisyaratkan bahwa pemerintah China akan mengambil langkah untuk melakukan stabilisasi dan mengantisipasi turunnya ekonomi.

Pada tahun lalu, perekonomian China tumbuh 7,8 persen atau terendah sejak 13 tahun terakhir. Sementara itu pada kuartal I-2013, pertumbuhan ekonomi yang dicatat China sebesar 7,7 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com