Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Seputar UKM Dibahas di Pertemuan APEC

Kompas.com - 15/07/2013, 19:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -Isu seputar usaha kecil dan menengah (UKM) menjadi salah satu yang dibicarakan dalam pertemuan APEC, lantaran menjadi salah satu bagian pilar pertemuan kerjasama ekonomi Asia Pasifik itu, yakni fasilitasi.

Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Iman Pambagyo mengklaim, hal itu menunjukkan bahwa APEC bukanlah kegiatan yang mendorong liberalisasi ekonomi.

"APEC tidak mendorong-dorong liberalisasi, justru mendorong kerjasama yang sifatnya empowering, sifatnya fasilitatif, termasuk memfasilitasi UKM kita supaya lebih mampu memanfaatkan kerjasama ini," katanya di Kantor Kementerian Perdagangan, Senin (15/7/2013).

Selain UKM, pihak yang rencananya juga akan difasilitasi adalah pengusaha wanita dan pengusaha muda. Tujuannya supaya pelaku usaha tersebut bisa langsung melihat kesempatan untuk mengembangkan diri.

Untuk itu, Indonesia mendorong agar kerja sama APEC dapat lebih memperhatikan semangat inklusif, adil, dan persamaan kesempatan bagi UKM, pengusaha muda, dan pengusaha wanita, serta memberi kesempatan pada ekonomi berkembang untuk mengejar ketertinggalannya.

"Kami membahas langkah-langkah yang dapat ditempuh UKM, misalnya, agar dapat menjadi bagian dari mata rantai produksi perusahaan multinasional," jelasnya.

Selain itu, pemerintah juga mendorong UMKM bisa memanfaatkan preferensi yang ada pada kesepakatan perdagangan dengan negara lain untuk memperluas  pasar mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com