Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Commonwealth Life Incar Rp 1,5 Triliun dari 2 Unit Link Baru

Kompas.com - 15/07/2013, 20:11 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan asuransi, Commonwealth Life merilis dua produk unit link terbaru, yaitu Investra USD balanced fund dan Comm AUD balanced fund.

Dua unit link baru yang dirilis itu akan diinvestasikan ke portofolio valuta asing, yakni dollar AS dan dollar Australia. "Banyak orang Indonesia yang melakukan investasi seperti ini, tetapi dilakukan di luar negeri. Kalau bisa dilakukan di sini (dalam negeri), kenapa harus keluar," kata Head of Invesment Commonwealth life, Jeffry Lomanto di Menteng, Senin (15/7/2013).

Jeffry mengatakan pihaknya akan menempuh sejumlah strategi investasi, yaitu mengalokasikan sebagian besar dana ke dalam pasar Indonesia dan sebagian akan dialokasi ke luar negeri sebagai upaya diversifikasi investasi.

"Kami mengharapkan memperoleh porsi sebesar Rp 498 miliar depository market," ujarnya.

Jeffry menambahkan, pihaknya menargetkan dana kelolaan (asset under management/AUM) sebesar Rp 1 triliun untuk Investra USD balanced fund dalam rentang waktu 1 tahun sejak peluncurannya, Mei.

Sementara itu untuk Comm AUD balanced fund, dalam 12 bulan ditargetkan akan memperoleh AUM sebesar Rp 500 miliar, terhitung sejak bulan Juni 2013. "Karena pangsa pasar dollar Amerika lebih besar, makanya kami taruh lebih tinggi," jelas Jeffry.

Saat ini Commonwealth Life sudah mempunyai 26 produk unit link. Dengan dirilisnya dua produk baru itu, saat ini total menjadi 28 produk unit link. Total AUM dari unit link mencapai 59 persen dari keseluruhan dana kelola.

Terhitung Juni 2013, total AUM Commonwealth life mencapai Rp 5 triliun. Dari jumlah itu, 60 persennya berasal dari unit link atau setara dengan Rp 2,7 triliun. Ditargetkan sampai Juni 2014, total AUM yang berasal dari unit link naik 40 persen.

"Karena unit link masih banyak peminatnya, dan sebagian dana kelola kami berasal dari situ," tutup Jeffry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com