Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brasil Diprediksi Defisit, Pertama Sejak 2000

Kompas.com - 18/07/2013, 07:54 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AFP/ANTARA
BRASILIA, KOMPAS.com - Meski 2013 baru berjalan setengahnya, Brasil diperkirakan akan menutup tahun ini dengan defisit neraca perdagangan. Nilai defisit diperkirakan mencapai 2 miliar dollar AS, atau setara Rp 20 triliun. 

"Ini akan menjadi defisit perdagangan pertama Brasil sejak tahun 2000," kata Ketua Asosiasi Perdagangan Luar Negeri Brasil (AEB) Jose Augusto de Castro kepada AFP, Rabu (17/7/2013). Ini juga akan menjadi kinerja perdagangan terburuk dalam 15 tahun terakhir sejak defisit lebih dari enam miliar dollar AS pada 1998.

AEB mengaitkan perkiraan defisit itu dengan penurunan lima persen total ekspor mereka, diperkirakan senilai 230,5 miliar dollar AS. Penurunan angka ekspor dipicu penurunan harga komoditas dan melorotnya penjualan asing minyak Brasil.

Sementara faktor lain yang dituding menjadi penyebab defisit tersebut adalah lonjakan impor sebesar 4,2 persen senilai total 232,5 miliar dollar AS. Lonjakan impor ini disebabkan oleh nilai tukar mata uang yang dianggap lebih menguntungkan untuk "membeli" barang dari luar negeri.

Pada Desember 2012, asosiasi telah memproyeksikan bahwa negara itu akan mencatat surplus perdagangan 14,6 miliar dollar AS pada tahun ini. Namun pada semester pertama 2013, Brasil mengakumulasi defisit perdagangan tiga miliar dollar AS, hasil terburuk untuk periode yang sama dalam 18 tahun terakhir.

Tahun lalu, negara itu mencatat surplus 19,4 miliar dollar AS, capaian terendah dalam 10 tahun terakhir. Total ekspor yang didapat tahun lalu tercatat 242,5 miliar dollar AS dan impor sebesar 223,1 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com