Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Total Penukaran Uang di Monas Rp 9,47 Miliar

Kompas.com - 22/07/2013, 13:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak beroperasi tanggal 10 Juli 2013 yang bertepatan dengan awal puasa, gerai penukaran uang di Lapangan IRTI Monas dipadati masyarakat yang akan menukarkan uang. Jumlah uang yang ditukar sampai tanggal 19 Juli 2013 mencapai Rp 9,47 miliar.

"Di sini (Monas) saja Rp 9,47 miliar yang ditukarkan masyarakat. Kita sudah menyiapkan jumlah yang sangat cukup," kata Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI, Lambok A. Siahaan, Senin (22/7/2013).

Lambok menyatakan, total uang yang ditukarkan di gerai penukaran uang di Monas diperkirakan mencapai Rp 58,4 miliar. Gerai penukaran uang ini tersebar di 60 lokasi, namun tidak mulai beroperasi secara serentak.

"BI menyediakan gerai penukaran uang sebanyak 60 titik. Ada di Mangga Dua, Tanah Abang, Pasar Baru, Wahid Hasyim, Jatinegara, Rawamangun, bahkan nanti ada di res area tol Jagorawi dan Cikampek," katanya.

Dia menjelaskan, masyarakat yang ingin menukarkan uang tunai berupa uang receh dapat menuju ke gerai resmi penukaran uang di Lapangan IRTI Monas, Jakarta.

Layanan ini dioperasikan oleh Bank Indonesia (BI) dan 11 bank lain, seperti BRI, Bank DKI, Bank BJB, Bank Mandiri, BNI, BCA, Bank Permata, BII, BTN, BRI, dan Bank Mega.

Uang pecahan kecil yang dapat ditukarkan antara lain Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000. Gerai penukaran uang tersebut beroperasi hingga tangal 2 Agustus 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com