Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Bumi Plc Kembali Diperdagangkan

Kompas.com - 22/07/2013, 21:13 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Saham Bumi Plc kembali diperdagangkan di bursa London Senin (22/7/2013), setelah selama 3 bulan disuspensi lantaran berbagai masalah yang mendera perusahaan tersebut.

Dalam pernyataannya, Bumi Plc berjanji akan memperkuat sistem audit internal dalam kaitannya dengan unit usahanya, PT Berau Coal Energy.

Saham Bumi Plc disuspensi dari perdagangan di bursa London sejak April, setelah perseroan tak mampu memenuhi tenggat waktu untuk mempublikasikan laporan keuangannya, setelah adanya dugaan penyimpangan sebesar 201 juta dollar AS di Berau.

Akan tetapi pada bulan lalu, perseroan menyatakan telah berhasil mencapai kesepakatan untuk mengembalikan sebagian besar dari jumlah dana yang disimpangkan itu.

Saham Bumi Plc pada pembukaan perdagangan hari ini berada di level 237 pence per saham. Sementara itu pada penutupan terakhir pada 19 April beradadi posisi 259,30 atau anjlok lebih dari 69 persen dari akhir tahun lalu.

Sebelumnya, perseroan telah sepakat untuk menjual 29,2 persen kepemilikan saham di PT Bumi Resources Tbk kepada Grup Bakrie sebagai upaya untuk pemisahan antara dua entitas bisnis itu.

Bumi Plc sejauh ini telah menjadi "medan pertempuran" antara pendiri perseroan, Nathaniel Rothschild melawan Grup Bakrie. Sementara itu, Direktur Bumi Plc, Samin Tan telah setuju untuk membeli 23,8 persen saham Bakrie di Bumi Plc senilai 223 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com