Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko : Pertumbuhan RI Akan Terkoreksi

Kompas.com - 25/07/2013, 15:15 WIB
FX. Laksana Agung S

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
– Menko Perekonomian M. Hatta Rajasa menyatakan, target pertumbuhan ekonomi tahun 2013 sebesar 6,3 persen bakal turun. Perlambatan pertumbuhan ekonomi global menjadi salah satu faktornya.

”Tampaknya akan ada koreksi ke bawah karena situasi global belum membaik. Bahkan beberapa negara Eropa tumbuh negatif. Jerman dan Perancis yang merupakan pilar perbaikan ekonomi Eropa masih berkutat dengan persoalan-persoalannya,” kata Hatta usai rapat koordinasi dengan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di Jakarta, Kamis (25/7/2013).

Meski demikian, kata Hatta, pemerintah akan berusaha mencapai target pertumbuhan 6,3 persen tersebut. Hal ini membutuhkan sejumlah langkah konkret.

Pertama, adalah menjaga inflasi tahun 2013 sesuai target, yakni 7,2 persen. Salah satunya dengan memperbaiki kebijakan tata niaga barang yang selama ini kurang responsif terhadap kenaikan harga di pasar.

Kedua, pemerintah akan mempercepat dan mengoptimalkan penyerapan anggaran belanja. Hal ini dilakukan dengan tetap menjaga tata kelola yang baik. Blokir anggaran juga sudah diselesaikan.

Ketiga, investasi harus dijaga dengan baik. Caranya dengan melaksasi sejumlah insentif, memangkas aturan yang menghambat, dan merevisi Daftar Negatif Indonesia (DNI).

”Sekarang sedang dikerjakan. Setiap peraturan atau perizinan yang tidak punya payung hukum akan dievaluasi. Kalaupun ada aturan yg sudah tidak sesuai dengan perkembangan saat ini, akan dievaluasi juga. BKPM pangkas sejumlah perizinan. Evaluasi DNI untuk merangsang investasi,” kata Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com