Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Airport Tax" Penumpang Domestik Akan Jadi Rp 100.000

Kompas.com - 26/07/2013, 10:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Seiring dengan beroperasinya Bandara Internasional Kuala Namu di Deli Serdang, PT Angkasa Pura (AP) II sedang mengajukan permohonan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk bisa menyesuaikan tarif passanger service charge (PSC) atau layanan bandara di bandara baru  tersebut.

Waspan, Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II menyebut pihaknya sedang mengajukan tarif baru layanan bandara ini untuk penerbangan domestik menjadi Rp 100.000 dari yang berlaku saat ini sebesar Rp 35.000.

Kenaikan ini, menurut Waspan, untuk lebih meningkatkan standar pelayanan di bandara tersebut. "Bandara Kualanamu adalah bandara internasional. Tentunya pelayanan juga berbeda dengan bandara sebelumnya," ujarnya (25/7/2013).

Pihak Angkasa Pura II merasa sudah mengeluarkan investasi besar untuk membangun bandara Kualanamu  yang megah. Nah, bila tarif layanan naik, Waspan menjanjikan akan mengembalikan kenaikan tarif ini dalam bentuk pelayanan bandara yang lebih baik dari sebelumnya.

Sekadar informasi, untuk  membangun Kualanamu, perusahaan plat merah ini sudah  menginvestasikan dana sebesar Rp 2,5 triliun.

Waspan juga membocorkan, akan ada dua bandara lagi yang akan mengalami penyesuaian tarif layanan bandara. Kedua bandara tersebut, adalah Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru dan Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang.

Untuk Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, AP II tengah mengusulkan tarif  layanan bandara baru untuk penerbangan domestik yaitu menjadi Rp 50.000 dari yang berlaku saat ini sebesar Rp 35.000.

Sementara itu untuk Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang, AP II juga tengah mengusulkan tarif PSC baru untuk penerbangan domestik menjadi Rp 40.000 dari Rp 25.000.

Angkasa Pura II sudah mengeluarkan investasi pembangunan bandar di bandara Sultan Syarif Kasim II sebesar Rp 500 miliar. Adapun di bandara Raja Haji Fisabilillah mencapai Rp 100 miliar. Bandara Sultan Syarif Kasim II sendiri sudah beroperasi. Sedangkan Raja Haji Fisabilillan siap operasi November ini.

Untuk tarif PSC bandara Soekarno Hatta, Tri Sunoko, Direktur Utama AP II bilang  masih sama, Rp 40.000. Usulan naik bisa terlaksana bila  pembangunan terminal kelar. (Adinda Ade Mustami)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com