Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Pemerintah Jamin Stok BBM Aman

Kompas.com - 30/07/2013, 11:51 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menjamin stok energi listrik menjelang Lebaran ini masih aman. Sehingga masyarakat bisa melakukan mudik di kampung masing-masing dengan tenang.

"Untuk listrik ini agak enak, karena dengan libur besar, komplek-komplek kawasan industri semua libur sehingga listriknya tidak terpakai. Stok listrik jadi banyak sehingga stok aman," kata Jero saat ditemui di kantor Kementerian Perekonomian Jakarta, Senin (29/7/2013) malam.

Saat ini, Kementerian ESDM bersama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) maupun perusahaan listrik swasta sedang memastikan gardu-gardu listrik untuk melihat kapasitas daya yang ada.

Di sisi lain, pihaknya juga memasang penangkal petir, khususnya di gardu listrik agar tidak mati saat hujan deras disertai petir menyambar. Jero juga mengingatkan bagi masyarakat ibukota yang sedang mudik, untuk mematikan listrik rumah sehingga aman saat ditinggal pergi.

Pihaknya juga menghimbau masyarakat untuk memastikan semua perangkat yang memerlukan listrik agar tidak terpasang saat pemilik rumah sedang mudik. Pihaknya juga mengantisipasi bencana alam termasuk tanah longsor, hujan deras hingga bencana alam apapun yang bisa mengganggu kestabilan energi di tanah air.

Pihaknya saat ini bekerjasama dengan pihak geologi setempat untuk mengantisipasi lokasi yang rawan bencana. Sedangkan untuk stok bahan bakar gas (BBG), Jero mengklaim stoknya juga masih aman karena sebagian kuota gas juga dipakai untuk transportasi Trans Jakarta.  Namun karena sebagian warga ibukota merupakan pendatang dan layanan Trans Jakarta juga menurunkan jumlah armadanya sehingga tidak banyak BBG yang terpakai.

Khusus untuk bahan bakar minyak (BBM), Jero juga memastikan stok masih aman atau cukup untuk 21 hari ke depan. Pihaknya juga memastikan akan ada kantong Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) yang tersebar di sepanjang jalur mudik. Sehingga pemakai jalan tidak khawatir akan kehabisan BBM.

"Kami juga sudah menambah stok BBM di lokasi kritis, misalnya di Jawa Tengah. Soalnya pemudik dari Jakarta mau ke Jawa Timur ini biasanya krisis bensinnya di Jawa Tengah. Kita pastikan semua aman," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com