Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Kepala BKPM Makin Terkuak

Kompas.com - 01/08/2013, 11:25 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Posisi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) hingga saat ini masih kosong dan masih dirangkap oleh Menteri Keuangan Chatib Basri. Namun, nama Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal cukup santer disebut sebagai calon terkuat Kepala BKPM yang baru. Benarkah?

Saat dikonfirmasi mengenai kabar itu, Direktur Pameran dan Sarana Promosi BKPM Joni F Djafar mengatakan, Dino Patti Djalal bisa saja menjadi calon terkuat untuk menjadi Kepala BKPM.

"Calon kuat Kepala BKPM sepertinya Pak Dino, saya pikir sudah 80 persen. Dan nama Emirsyah Satar (Direktur Utama Garuda Indonesia) yang pernah dikabarkan jadi calon Kepala BKPM soalnya mulai mereda," kata Joni saat buka puasa dengan media di Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Djoni juga menjelaskan bahwa Dino juga pernah datang ke kantor BKPM di jalan Gatot Subroto Jakarta. "Beliau pernah datang ke kantor, belum lama ini," jelasnya.

Sementara itu seorang ekonom mengungkapkan, Dinomemang memiliki jatah untuk duduk di posisi menteri. "Kalau melihat dari posisinya saat ini, cuma dia yang belum mendapat jatah sebagai seorang menteri," kata ekonom yang enggan disebut namanya ini.

Sekadar catatan, Menteri Perindustrian MS Hidayat pernah menyatakan, calon Kepala BKPM ini berasal dari tiga kalangan. "Calonnya itu ada tiga, berasal dari kalangan pengusaha nasional, mantan ekonom dan seorang diplomat," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com