Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Agustus dan September 2013, Inflasi Diperkirakan Kembali ke Pola Normal

Kompas.com - 02/08/2013, 02:58 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah dampak kenaikan harga bahan bakar minyak terhadap inflasi diperkirakan mencapai puncak pada Juli 2013, inflasi indeks harga konsumen (IHK) pada Agustus dan September 2013 diperkirakan kembali ke pola normal. Terlebih lagi, Ramadhan dan Lebaran yang kerap menyumbang lonjakan inflasi dari peningkatan konsumsi, terutama dari bahan pangan, sudah terlewati.

"Inflasi IHK bulanan diperkirakan akan turun ke sekitar 0,9 persen pada Agustus 2013 dan 0,1 persen pada September 2013," kata Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Peter Jacobs dalam siaran pers Kamis (1/8/2013). Sebelumnya, Badan Pusat Statistik mengumumkan inflasi IHK bulanan pada Juli 2013 mencapai 3,29 persen, menjadi inflasi IHK bulanan tertinggi sejak 2008, meski belum setinggi saat Indonesia dihajar krisis moneter pada 1997-1998.

Peter mengatakan, perkiraan penurunan inflasi IHK bulanan pada Agustus dan September 2013 juga didorong pengaruh positif kebijakan pemerintah dalam pemenuhan pasokan kebutuhan pangan. Selain itu, tambah dia, dampak kenaikan harga BBM terhadap inflasi juga diperkirakan telah mereda. Ramadhan dan Lebaran yang telah terlewati, menurut dia, turut membantu menurunkan inflasi karena berkurangnya permintaan.

Meski demikian, kata Peter, Bank Indonesia tetap akan memperkuat koordinasi kebijakan bersama pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk menjaga kestabilan inflasi. Koordinasi tersebut difokuskan pada upaya menjaga ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi bahan pangan. Diharapkan, upaya ini bakal mewujudkan target inflasi IHK sesuai dengan sasaran yang dipatok Bank Indonesia di kisaran 3,5 sampai 5,5 persen pada 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com