Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajari Anak Menabung, Ini Tipsnya

Kompas.com - 05/08/2013, 09:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Mengajari anak menabung adalah satu hal penting dalam dunia parenting. Anak dapat dikenalkan pada konsep menabung sedini mungkin. Bantu anak anda meredam keinginan untuk "jajan" dengan menjelaskan keuntungan-keuntungan menabung.

Beriktu adalah beberapa tips untuk mengajari anak untuk mulai menabung, sebagaimana dikutip dari treasurer.franklincountyohio.gov.

1. Menabung dari Uang Kembalian

Si kecil bisa mulai diajarkan menabung dengan menyimpan uang kembalian yang ia terima. Berapapun uang kembaliannya, dorong anak untuk menabungnya. Anda juga harus menyiasatinya dengan menabungkan 10 persen dari uang sakunya. Beri pengertian bahwa konsep menabung adalah "sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit."

2. Mulai Menabung di Rumah

Banyak anak memandang bank sebagai institusi yang "mengambil" uang tanpa mengembalikannya. Anda bisa mulai ajari anak anda menabung di rumah. Gunakan celengan, kaleng, tabung, bahkan toples plastik. Gunakan wadah yang bisa terlihat agar Si Kecil dapat melihat tabungan mereka terus bertambah. Setelah anak sudah lebih besar, anda sudah bisa mengenalkannya pada bank. Si kecil bisa diajak menyimpan uangnya di bank dengan tabungan khusus anak-anak.

3. Beri Pengertian

Dengan motivasi kuat saja kadang anak sulit untuk diajak menabung. Untuk itu, Anda bisa mengetesnya dengan mengosongkan isi celengan anak anda. Lihat reaksinya saat melihat celengannya kosong. Anda juga bisa menentukan jumlah uang yang harus ditabung oleh si kecil. Kemudian ajak ia melihat perkembangan jumlah uang yang ditabungnya. Jika jumlahnya semakin banyak, tentu ia akan senang dan tugas anda adalah memotivasinya untuk terus menabung.

4. Hadiah

Setelah mencapai target, tabungan bisa diambil. Beri dia "hadiah" dengan mengambil uang itu untuk membeli barang yang diperlukan. Misalnya ia butuh tas sekolah baru, maka ia bisa mengambil uang yang telah ditabungnya untuk beli tas. Begitu pun bila anak sudah punya rekening tabungan sendiri. Dengan cara ini, dia dapat merasakan langsung keuntungan yang diperolehnya jika ia menabung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com