Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Gratis Marak, Jumlah Pemudik di Terminal Menurun

Kompas.com - 05/08/2013, 15:47 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Maraknya perusahaan dan instansi pemerintahan mengadakan mudik gratis membuat pemudik yang menggunakan angkutan umum untuk mudik ke berbagai daerah menurun 10 sampai 20 persen.

Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Terminal DKI Jakarta Renny Dwi Astuti menerangkan jumlah penumpang di sejumlah terminal mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Dia mengatakan, penurunan jumlah penumpang yang hendak mudik ini karena banyaknya program mudik gratis.

"Kan banyak program mudik gratis dari parpol, swasta, beberapa instansi juga. Itu cukup mengurangi jumlah penumpang," ujarnya di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (5/8/2013).

Untuk melayani pemudik, pihaknya telah menyiapkan empat terminal utama dan enam terminal pembantu. Terminal yang jumlah penumpangnya signifikan adalah Terminal Pulo Gadung dan Kampung Rambutan.

Sementara itu, Kepala Terminal Kampung Rambutan Basuki mengatakan, hingga saat ini jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan adalah 212.000 orang. Menurutnya, jumlah itu sudah terserap sekitar 50 persen dari mudik gratis.

"Sampai sekarang sudah 212.000 pemudik, tetapi yang terserap pada mudik bareng sekitar 100.000 penumpang, jadi 50 persen berkurang," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com