Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-3, 56.909 Pemudik Tinggalkan Pelabuhan Merak

Kompas.com - 06/08/2013, 09:41 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry mengatakan telah menyeberangkan 56.909 pemudik hingga H-3 menjelang Lebaran.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Christine Hutabarat mengatakan, data tersebut terkumpul pada hari Senin (5/8/2013) sejak pukul 08.00-20.00 wib. "Untuk menyeberangkan pemudik ini, kami mengoperasikan sebanyak 31 kapal dengan 57 trip," kata Christine kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (6/8/2013).

PT ASDP Indonesia Ferry pada hari yang sama juga telah menyeberangkan 3.417 unit kendaraan roda empat dan kendaraan roda empat sebanyak 7.178 unit. Hingga semalam, Christine menambahkan, di dermaga Merak hanya terlihat kendaraan pribadi yang tengah menunggu diseberangkan serta loket penumpang pejalan kaki yang masih cukup ramai.

Di waktu yang sama, kondisi pelabuhan Gilimanuk juga mengalami peningkatan jumlah pemudik untuk ke pulau Jawa. Data pelabuhan Gilimanuk Bali mencatat ada 25.258 orang menyeberang ke pulau Jawa. Termasuk 6.728 unit kendaraan roda dua dan 2.077 unit kendaraan roda empat atau campuran.

Kondisi penyeberangan di Pelabuhan Gilimanuk hingga semalam masih terpantau padat lancar yang didominasi kendaraan pribadi. Seluruh kendaraan pemudik dapat tertampung dalam areal parkir pelabuhan Gilimanuk. "Kondisi cuaca di selat Bali cerah namun perairan sedikit bergelombang," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com