Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Komputer Tablet Global Melambat

Kompas.com - 07/08/2013, 12:25 WIB
Didik Purwanto

Penulis

Sumber Bloomberg

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga riset IDC menyatakan penjualan tablet secara global akan mengalami perlambatan hingga kuartal II-2013 dibanding kuartal sebelumnya, sebab konsumen menunda pembelian tablet baru, terutama dari Apple.

Direktur Riset untuk tablet IDC Tom Mainelli mengatakan penjualan tablet secara global mengalami penurunan 9,7 persen menjadi 45,1 juta unit. Untuk tablet iPad besutan Apple merosot dari 19,5 juta unit di kuartal I-2013 menjadi 14,6 juta unit di kuartal II-2013.

Penjualan tablet ini lebih rendah dari prediksi analis semula yang mampu menjual lebih dari 17 juta unit. Selain laptop MacBook Air, Apple juga belum memiliki produk baru sejak akhir tahun lalu. Sehingga konsumen lebih memilih untuk menunggu produk baru, terutama iPhone 5S dan iPhone versi murah yang dikabarkan akan rilis September mendatang.

Tom juga menyebut ketiadaan produk baru dari Apple ini kian memudahkan pesaingnya, Samsung Electronics Co terutama untuk mengejar pangsa pasar tabletnya. Samsung memang akhir-akhir ini lebih gencar menawarkan tablet pesaing iPad, yaitu Galaxy Note.

"Ketika ada iPad baru yang dirilis, konsumen akan lebih tertarik dengan tablet itu," kata Tom.

Masalahnya, kata Tom, konsumen kini pun lebih cerdas dan enggan membeli tablet seharga di atas 499 dollar AS (sekitar Rp 5 juta). Sehingga konsumen lebih memilih membeli tablet dari salah satu pemain utama lain, misalnya Samsung.

Hingga pertengahan tahun ini, Apple tetap memimpin pasar tablet dengan pangsa 32,4 persen. Sementara itu, Samsung menguntit di belakangnya dengan pangsa pasar 18 persen.

Sejauh ini, Samsung telah menjual tablet sebanyak 8,1 juta unit, turun tipis dibanding 8,6 juta unit di kuartal I-2013. Tom memprediksi pertumbuhan penjualan tablet akan meningkat kembali khususnya di akhir tahun karena vendor-vendor ternama telah merilis produk terbarunya, baik iPad terbaru ataupun perusahaan internet seperti Amazon yang akan merilis tablet Kindlefire terbarunya.

Sementara itu, pangsa pasar dan penjualan komputer pribadi (PC) di 2015, Tom memperkirakan akan meredup seiring dengan konsumen yang lebih memilih untuk membeli tablet dengan layar lebih kecil dan harga lebih rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com