Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yen Menguat, Bursa Jepang Anjlok Hingga 3,51 Persen

Kompas.com - 07/08/2013, 13:39 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Bursa saham Tokyo tumbang hingga 3,51 persen pada perdagangan siang hari ini, Rabu (7/8/2013) karena tertekan aksi jual yang dipicu oleh jatuhnya harga saham di Wall Street serta menguatnya nilai tukar yen.

Indeks Nikkei 225 kehilangan 505,58 poin menjadi 13.895,48. Tekanan jual makin kencang pada siang hari ini karena yen menguat," ujar Kenzaburo Suwa, analis Okasan Securities.

Sebelumnya, Wall Street semalam ditutup melemah karena data ekonomi terbaru AS serta komentar dari the Fed yang kemungkinan akan mengurangi stimulus. Indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,60 persen menjadi 15.518,74, atau penurunan terbesar sejak Juni.

Sementara itu di pasar valas, nilai tukar dollar AS kembali jatuh terhadap yen, di samping sinyal mengenai stimulus dari the Fed yang akan dikurangi dalam beberapa waktu ke depan. Hal itu menandakan bahwa pasokan dollar AS di pasar finansial akan berkurang.

Sementara itu, menguatnya yen disinyalir akan memberatkan eksportir karena produk dari Jepang menjaditidak kompetitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com