Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Ini, LPS Jajaki 2 Pembeli Potensial Bank Mutiara

Kompas.com - 09/08/2013, 11:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah mengantongi 2 calon investor PT Bank Mutiara Tbk yang telah memenuhi syarat. Untuk menilai kecocokannya, LPS berencana melakukan penjajakan terhadap 2 peminat tersebut di bulan ini.

"Mudah-mudahan Agustus minggu ketiga, kita mulai due diligence," ujar Kepala Eksekutif LPS Mirza Adityaswara.

Mirza bilang, 2 calon investor yang memenuhi persyaratan tersebut merupakan lembaga perbankan asing. Meski begitu, ia belum mau mengungkapkan lebih jelas dari mana negara asal 2 calon investor Bank Mutiara tersebut.

Pada periode terakhir penawaran Bank Mutiara dengan harga Rp 6,7 triliun ini, terdapat 6 calon investor yang menyatakan minat. Namun, hanya 5 calon yang telah mendaftar dengan memasukkan persyaratan dokumen. LPS pun melakukan penilaian dan prakualifikasi terhadap berkas calon investor yang telah mendaftar tersebut dan menemukan 2 calon yang memenuhi persyaratan.

LPS telah menetapkan 5 syarat untuk menjadi investor Bank Mutiara. Pertama, memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan; termasuk Peraturan Bank Indonesia (PBI) mengenai kepemilikan bank. Kedua, bukan merupakan pemegang saham lama dan bukan pihak terafiliasi dengan atau memiliki hubungan keluarga dengan pemegang saham lama.

Ketiga, mempunyai komitmen dan kemampuan keuangan yang kuat untuk memenuhi seluruh kewajiban pembayaran atas pembelian saham tepat waktu.

Keempat, memiliki pengalaman dalam industri perbankan dan/atau mampu menunjukkan kemampuan untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan industri perbankan di Indonesia. Lalu, kelima, tidak termasuk dalam daftar negatif atau daftar orang tercela di industri perbankan. (Annisa Aninditya Wibawa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com