Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Musim Dingin, Permintaan Kondom Produksi RNI Naik 5 Persen

Kompas.com - 12/08/2013, 16:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Menjelang datangnya musim dingin, permintan kondom Meong dan Artika dari pasar Timur Tengah dan Afrika mengalami peningkatan sebesar 5 persen.

"Peningkatan (permintaan) biasanya terjadi saat pancaroba dengan tingkat suhu dingin luar biasa. Delapan puluh persen produksi kondom RNI untuk ekspor," kata Ismet Hasan Putro, Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), produsen Meong dan Artika, di kantor Kementerian BUMN, Senin (12/8/2013).

Ismet menyatakan, kondom produksi RNI yang diekspor ke Timur Tengah dan Afrika berbahan sama dengan yang dipasarkan di dalam negeri. Yang membedakan hanya ukuran yang lebih besar.

Adapun penjualan kondom RNI ke dua wilayah tersebut menurut Ismet mencapai 50.000 gros per tahun. Sementara itu, penjualan lokal mencapai 20.000 gros per tahun.

Ismet mengatakan, kapasitas produksi kondom di RNI mencapai 950.000 gros per tahun, tetapi yang terpakai hanya 650.000 gros per tahun. Hal ini menyebabkan terjadinya idle sebanyak 350.000 gros.

"Supaya penjualan naik 20 persen, kami akan melakukan redesign dan repackaging untuk (yang akan diekspor ke) Afrika. Kelebihan produk kami di pasar ekspor adalah (tersedianya) kondom bergerigi. Selain itu, terdapat pilihan rasa durian, mangga, stroberi, dan jeruk," ungkap Ismet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com