Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Juni 2013, BRI Salurkan KUR Rp 7 Triliun

Kompas.com - 13/08/2013, 08:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Terhitung hingga bulan Juni 2013, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) mencapai Rp 7 triliun. Penyaluran KUR oleh BRI paling banyak diserap sektor pertanian dan nelayan di wilayah pesisir.

"Sampai bulan Juni, jumlah debitur KUR mencapai 8.000.222 debitur. Realisasi kumulatif mencapai Rp 73.093.700. Total outstanding Rp 23.968.034. Serapan terbesar masih dari sektor pertanian. NPL-nya 2,2 persen," kata Kepala Biro Direksi BRI Hari Siaga Amijarso di kantor Kementerian BUMN, Senin (12/8/2013).

Hari menyatakan BRI memegang komposisi paling besar dalam hal penyaluran KUR. Perseroan membidik masyarakat kumuh perkotaan untuk menyalurkan kredit, tujuannya untuk memberdayakan masyarakat.

"Penyaluran kredit ini sifatnya memberdayakan dari awal, agar dia mulai bekerja," ungkap Hari.

Masyarakat yang tinggal di lingkungan kumuh perkotaan akan diberdayakan agar dapat bekerja, misalnya adalah dengan berjualan kopi secara keliling menggunakan sepeda. Hari juga menyatakan pertumbuhan usaha rakyat akan tetap terus tumbuh.

Menurut Hari, BRI menjangkau masyarakat kumuh perkotaan karena merupakan sesuatu yang baru dan masih bisa dikembangkan dalam hal penyaluran kredit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com