Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Sapi Nasional Akan Habis dalam 4 Tahun

Kompas.com - 13/08/2013, 16:35 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan, stok sapi nasional akan habis dalam 3-4 empat tahun mendatang jika jumlah produksi sapi tersebut tidak bisa digenjot.

Untuk dapat menstabilkan harga daging sapi, langkah jangka panjangnya ialah pemasokan dalam negeri hingga mencukupi kebutuhan. Jika hal ini tak bisa terealisasikan, stabilitas harga tidak akan terjadi.

Peningkatan pasokan dalam negeri dilakukan dengan meningkatkan jumlah produksi sapi nasional. Saat ini stok sapi nasional sudah mencapai 13 juta sampai 14 juta ekor, sedangkan konsumsi Indonesia mencapai 3,5 juta sampai 4 juta ekor per tahunnya.

"Jika kita gagal meningkatkan produksi sapi nasional, mungkin 3 sampai 4 tahun ini (stok sapi) akan habis," kata Gita di Gedung Kementerian Perdagangan, Selasa (13/8/2013).

Jika stok habis, mau tidak mau pemerintah harus melakukan importasi. Selain itu, Gita menuturkan, ia sudah mengambil keputusan untuk mengakselerasi kuota, dari kuota kuartal empat ke kuartal tiga, yaitu 46.000 ekor sapi.

"Kita sangat tidak cinta impor, tapi kita harus stabilisasikan harga dengan peningkatan stok," tutup Gita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com