Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Kembali Dibayangi Pelemahan

Kompas.com - 16/08/2013, 08:53 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto,
Didik Purwanto

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Tekanan kembali membayangi gerak Indeks Harga Saham Gabungan pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (16/8/2013). Sentimen negatif dari bursa global menjadi penghalang potensi kenaikan namun dapat menjadi kesempatan mengoleksi saham-saham yang turun harga.

Membaiknya data-data perekonomian khususnya ketenagakerjaan di Amerika Serikat (AS) membuat spekulasi pengurangan dan penghentian program pembelian obligasi The Federal Reserve menguat. Ini menyebabkan penurunan di atas 1 persen bursa Wall Street semalam waktu Indonesia.

Indeks Dow Jones Industrial Average amblas 1,47 persen, Indeks S&P 500 anjlok 1,43 persen dan indeks Nasdaq turun 1,72 persen.

Pada perdagangan kemarin IHSG ditutup turun 14,60 poin (0,31 persen) ke level 4.685,13 dengan jumlah transaksi sebanyak 7,4juta lot atau setara dengan Rp 5,1 triliun. Asing tercatat melakukan penjualan bersih di pasar reguler sebesar Rp 207 miliar dengan saham yang paling banyak dijual antara lain ASII, BBNI, TBIG, BDMN, dan CTRA.

Mata uang rupiah terdepresiasi ke level Rp 10.409 per dollar AS. Riset Panin Sekuritas masih melihat pada perdagangan terakhir pekan ini indeks akan bergerak variatif dengan kecenderungan menguat terbatas.

Saham sektor property, consumer, dan banking dapat menjadi pilihan trading pada hari ini. Kisaran support-resistance 4.667-4.710.

Sedangkan . Riset Trust Securities melihat hari ini IHSG akan berada pada support 4.642-4.672 dan resistance 4.695-4.710. Berpola menyerupai hammer pada middle bollinger bands (MBB). MACD masih menipis dengan histogram positif yang mendatar. RSI, William's %R, dan Stochastic upreversal terbatas dari area oversold. Pergerakan indeks kemungkinan kembali akan cenderung mendatar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com