Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Dorong Perbankan Dukung Ekonomi Hijau

Kompas.com - 21/08/2013, 14:00 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup mendorong sektor perbankan agar mendukung ekonomi hijau.

Direktur Eksekutif Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan Bank Indonesia Irwan Lubis mengatakan, pada Undang-undang No. 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup telah mengharuskan semua aktifitas ekonomi untuk patuh mendorong kelestarian lingkungan. Perbankan sebagai entitas bisnis tentunya tak lepas dari hal tersebut.

"Pengabaian terhadap ketentuan tersebut tentunya akan berpotensi meningkatkan risiko kredit, risiko hukum dan risiko reputasi bagi perbankan. Untuk itu perbankan perlu memahami dan menguasai lebih baik mengenai manajemen resiko lingkungan hidup ini," ujarnya di Kantor Bank Indonesia, Rabu (21/8/2013).

Prinsip dasar dari ekonomi hijau ini adalah upaya memperkuat kemampuan manajemen risiko bank, khususnya terkait dengan lingkungan hidup dan mendorong perbankan untuk meningkatkan portofolio pembiayaan ramah lingkungan hidup seperti energi terbarukan, efisiensi energi, pertanian organik dan transportasi ramah lingkungan.

Dalam kerangka yang lebih makro, BI berharap ekonomi hijau akan memberikan kontribusi positif pada upaya penguatan kebijakan fiskal dan moneter. Hal tersebut tercermin dari menurunnya beban impor minyak dan produk pertanian, karena terjadi peningkatan pasokan energi domestik dan sumber-sumber energi terbarukan, peningkatan efisiensi penggunaan energi oleh industri dan peningkatan produk pertanian organik.

"Pada sisi lain, langkah ini menjadi kontribusi perbankan dalam mendukung komitmen pemerintah memperbaiki posisi Indonesia sebagai paru-paru dunia dengan menurunkan emisi gas rumah kaca," kata Irwan.

Sementara itu Deputi Kementerian Lingkungan Hidup Imam Hendargo menuturkan, Indonesia merupakan negara ring of reneweble energy. Selain minyak dan gas bumi, mulai dari hydropower, panas bumi, bio masa dan bahan bakar nabati semua ada di negara ini. "Upaya menjadikan green energy sebagai fondasi energi adalah merupakan wujud nyata dari ekonomi hijau," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com