Senin, 22 Desember 2014

Ekonomi / Keuangan

OJK: Kondisi Bursa Efek Indonesia Lebih Baik dibanding Thailand

Kamis, 22 Agustus 2013 | 13:03 WIB
KOMPAS/PRIYOMBODO Pengunjung melintas di dekat monitor perkembangan saham.

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memandang kondisi bursa saham Indonesia saat ini bahkan lebih baik dibanding bursa sekawasan, baik Thailand maupun Filipina. Meski kondisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga sama-sama melemah dibanding bursa lainnya.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Darmansyah Hadad memandang kinerja para emiten di bursa domestik ini masih baik. Bahkan kinerja emiten sampai akhir semester I-2013 ini juga masih dalam keadaan baik.

"Bahkan kondisi bursa domestik ini malah lebih baik apabila dibandingkan kinerja emiten-emiten yang terdaftar di pasar Thailand, Filipina dan pasar modal yang lain," kata Muliaman selepas rapat Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) di kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Rabu (21/8/2013) malam.

Ia menjelaskan, kondisi bursa domestik yang masih baik ini disebabkan karena jaminan asetnya memiliki kualitas baik. Dengan kondisi itu, hal ini bisa menjadi salah satu modal dasar bagi pasar modal di tanah air.

Bila masih dianggap baik ini, kata Muliaman, pihaknya tidak ingin ada pihak-pihak yang memanfaatkan kesempatan tersebut, baik untuk aksi ambil untung (profit taking) besar-besaran atau bahkan melemahkan kondisi IHSG.

"Oleh karena itu, pengawasan kita tingkatkan. Jangan sampai kemudian memanfaatkan dan kemudian memperburuk suasana dan lain sebagainya," tambahnya.

Sementara di kuartal III-2013, kondisi pasar modal di Indonesia juga diharapkan bisa lebih baik dari sebelumnya. Sebab, seperti indikator makro dan moneter yang telah disampaikan Bank Indonesia (BI), kondisinya juga akan lebih baik. Imbasnya, sentimen tersebut diharapkan akan memicu kenaikan IHSG maupun nilai tukar rupiah.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Didik Purwanto
Editor : Erlangga Djumena