Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darmin: Akses Masyarakat ke Perbankan Sangat Rendah

Kompas.com - 22/08/2013, 16:34 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Akses masyarakat terhadap perbankan di tanah air dinilai masih rendah. Hal ini bisa terlihat dari rasio pemberian kredit terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Darmin Nasution mengatakan, masyarakat yang belum terkena akses ke perbankan ini terutama di kalangan masyarakat terisolir. Bagaimanapun, masyarakat Indonesia memang banyak berada di pelosok yang belum terjangkau perbankan.

"Indonesia memiliki kelemahan ekonomi dalam akses dan kemampuan masyarakat untuk memanfaatkan sektor jasa keuangan. Bukan hanya lemah tapi sangat lemah," kata Darmin saat memberi sambutan Sosialisasi Undang-undang nomor 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro di kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Ia mencatat, rasio kredit terhadap PDB masyarakat Indonesia hanya sekitar 32 persen. Angka ini jauh lebih rendah dibanding negara-negara sekawasan seperti di Malaysia dan Thailang yang sudah mencapai 110 persen.  Sementara rasio kredit terhadap PDB China telah menembus 140 persen.

Darmin sempat menganggap bahwa sebelumnya rasio kredit terhadap PDB China ini akan sama dengan rasio dari Indonesia.

Darmin mengharapkan dengan upaya bank sentral yang ingin mewujudkan perbankan inklusif, maka akan meningkatkan rasio kredit terhadap PDB, sekaligus meningkatkan akses masyarakat terhadap perbankan di tanah air.

Sebelumnya, bank sentral juga pernah merilis layanan transfer uang melalui nomor telepon. Layanan ini bekerjasama dengan tiga operator besar di Indonesia yaitu XL, Indosat dan Telkomsel. Harapannya, masyarakat pelosok bisa menerima maupun mengirim uang ke manapun tanpa perlu ke bank secara cepat dan mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com