Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketergantungan pada Ekspor Komoditas Turut Picu Defisit Neraca

Kompas.com - 23/08/2013, 02:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik UGM A Tony Prasetiantono mengatakan Indonesia terlalu tergantung pada ekspor komoditas. Hal ini menyebabkan neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit.

"(Neraca perdagangan) kita defisit karena ketergantungan pada ekspor komoditas," ungkap Tony dalam Market Outlook 2014 OCBC NISP di Jakarta, Kamis (22/8/2013). Padahal, ujar dia, perdagangan Indonesia surpulus pada periode 2008-2012.

Menurut Tony, pemerintah seharusnya tak hanya bergantung pada sektor komoditas. Pertumbuhan sektor manufaktur pun mutlak didorong. Sayangnya, aku dia, daya saing sektor manufaktur Indonesia juga tak terlalu menggembirakan.

Tony menegaskan ketergantungan pemasukan devisa dari komoditas dalam bentuk bahan mentah tanpa banyak nilai tambah ini, merupakan salah satu penyumbang jebloknya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS sepanjang 2013. Nilai impor jauh melampaui ekspor yang didominasi komoditas, sementara impor yang terjadi juga banyak memuat komponen bahan baku alias bahan mentah untuk konsumsi.



Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com