Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Implementasikan Paket Kebijakan Ekonomi

Kompas.com - 23/08/2013, 16:22 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Ryan Kiryanto berpendapat bahwa paket kebijakan ekonomi yang baru saja diumumkan sudah sesuai dengan keinginan pasar. Sehingga pemerintah harus segera mengimplementasikan paket kebijakan tersebut.

"Paket kebijakan ekonomi tersebut memang sudah lama dinantikan. Semuanya sudah sering disampaikan kalangan ekonom, pengusaha atau akademisi. Jadi segera laksanakan dan lanjutkan," kata Ryan kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (23/8/2013).

Ia menambahkan, pasar tentu akan merespon kebijakan ini dan mengharapkan rupiah serta Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bisa segera bangkit dari keterpurukan. Namun kebijakan ini akan tetap hanya sebuah kebijakan bila pemerintah tidak segera melaksanakan.

Saat ini, pasar juga sedang menanti paket kebijakan moneter dan pasar modal yang akan disampaikan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan bauran kebijakan yang biasa dirilis oleh BI dan OJK, harapannya hal tersebut mampu meredam gejolak di pasar uang dan pasar modal.

"Bauran kebijakan moneter oleh BI sudah baik, tinggal diperkuat oleh kebijakan OJK yang kaitannya dengan bursa saham," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com