Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpan: Jangan Percaya Calo PNS

Kompas.com - 26/08/2013, 16:32 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan RB) Azwar Abubakar mengingatkan agar tidak menggunakan jasa calo untuk melamar menjadi calon pegawai negeri sipil (PNS). Pihaknya menjamin tidak ada kegiatan sogok menyogok dalam penerimaan PNS ini.

"Kalau ada calo PNS, sama sekali jangan dipercaya. Calo itu seperti menembak di atas kuda. Maksudnya kalau kena ya kena, tapi kalau tidak kena, ya sudah," kata Azwar saat ditemui di Gedung BPPT Jakarta, Senin (26/8/2013).

Ia menambahkan, biasanya setiap orang yang menggunakan jasa calo untuk menjadi PNS ini harus mengeluarkan dana sekitar Rp 50 juta. Jika lulus, maka uang tersebut lenyap dan berarti sogokannya berhasil. Namun jika gagal, pihak calo mengklaim akan mengembalikan dana tersebut dengan pemotongan sebagai imbal jasa.  "Itu kan dibodohin kalau seperti itu," tambahnya.

Azwar mengklaim, pihaknya membersihkan dan menjaga integritas jajaran pegawai di kementeriannya. Dengan menjaga integritas tersebut, penerimaan calon PNS di masa mendatang akan lebih bersih dan integritas PNS bisa dipertahankan.

"Anak saya juga ingin jadi PNS. Sekarang juga lagi belajar psikotes, baca bukunya. Ayahnya sendiri tidak bisa membantu untuk memasukkan jadi PNS," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com