Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Mana Sumber Dana EXCL Jika Akuisisi Axis?

Kompas.com - 27/08/2013, 07:50 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
Akhir Juli lalu, PT XL Axiata Tbk (EXCL) telah memperoleh izin prinsip dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), untuk mengakuisisi PT Axis Telekom Indonesia (Axis).

Ketika tahapan ini selesai, maka kini EXCL tinggal menunggu izin dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bursa Efek Indonesia (BEI), dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Urusan birokrasi selesai, tinggal mencari sumber pendanaan. Juli lalu, Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur EXCL mengaku masih melakukan negosiasi atas akuisisi tersebut.  "Kami akan lihat juga masalah keuangannya, jika ada yang negatif tentu kami akan support. Yang pasti, pendanaan kami berasal dari banyak hal, bisa dari Axiata langsung," jelasnya kala itu.

Nah, jika mengacu pada pendapat itu, maka sumber pendanaan akuisisi yang diambil dari induk EXCL kemungkinan besar bakal terjadi. Pasalnya, berdasarkan pemberitaan Bloomberg, (26/8/2013), saat ini Axiata Group Bhd selaku pemilik 65 persen saham EXCL tengah membidik duit segar 500 juta dollar AS, atau sekitar Rp 5,43 triliun (kurs: Rp10.870) melalui perhelatan initial public offering (IPO) yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Axiata menggandeng CIMB Group Holdings Bhd (CIMB), Goldman Sachs Group Inc dan JPMorgan Chase & Co dalam perhelatan yang direncanakan tahun depan.

IPO dilakukan Axiata menyusul batalnya penjualan 7.000 menara telekomunikasi milik EXCL. Padahal, jika 7.000 menara telekomunikasi itu bisa terjual senilai Rp 13 triliun-Rp 16,8 triliun, maka dana itu bisa digunakan untuk akuisisi Axis oleh EXCL(Dityasa H Forddanta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com