Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Inflasi Akhir 2013 Bisa 9,2 Persen

Kompas.com - 28/08/2013, 18:51 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi hingga akhir tahun 2013 ini akan mencapai 8,6-9,2 persen. Nilai ini lebih tinggi dibanding perkiraan sebelumnya di level 7,2 persen.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, kondisi ini perlu diwaspadai karena akan lebih tinggi dibanding biasanya. "Kami sampaikan di badan anggaran tadi, bahwa tahun 2013 ini inflasi akan di kisaran 8,6-9,2 persen. Ini perlu diwaspadai karena inflasi merupakan yang paling mesti kita sikapi," kata Agus di Badan Anggaran DPR Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Ia menambahkan, kondisi yang perlu diwaspadai setelah inflasi Juli adalah inflasi pada Agustus. Meski akan lebih rendah dibandingkan dengan Juli, Agus memperkirakan bahwa inflasi bulan ini akan mencapai 1,27 persen.

Agus memperkirakan inflasi Agustus ini karena disebabkan kenaikan harga daging sapi, bawang merah, ayam dan kedelai. Sementara itu, imported inflation dianggap belum besar.

"Kalau depresiasi rupiah di atas 3-4 persen, itu baru berpengaruh ke imported inflation," tambahnya.

Saat ini, bank sentral juga fokus akan menjaga volatilitas nilai tukar rupiah. Memang dalam hal ini, bank sentral tidak akan menargetkan di level tertentu, tapi akan menjaga agar volatilitasnya tetap stabil sesuai kondisi fundamental.

Besok, BI akan melakukan rapat dewan gubernur (RDG) tambahan untuk membahas makro moneter lebih lanjut. Hal ini untuk mengantisipasi gejolak yang ada di pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com