Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu Klaim Pasar Lebih Stabil

Kompas.com - 02/09/2013, 15:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap dollar AS yang terjadi hari ini, Senin (2/9/2013) adalah sesuatu yang wajar.

"Paling tidak dalam 3 hari terakhir kalau saya lihat di pasar lebih stabil," ujar Chatib Basri, Menteri Keuangan kepada wartawan di Gedung DPR, Senin (2/9/2013).

Berdasarkan catatan Bloomberg, pada pukul 13.19 WIB rupiah di pasar spot melemah 0,2% menjadi 10.940 per dollar AS. Angka di pasar spot ini lebih premium 5,2% dibanding posisi rupiah di pasar non deliverable forwards (NDF).

Menurut Chatib, tekanan terhadap nilai tukar mata uang di masing-masing negara bisa terus terjadi. "Kalau Anda minta hasilnya beres dalam satu jam, satu hari, tentu butuh waktu," ujarnya. Menurut dia fluktuasi memang selalu terus terjadi.

Soal pengumuman inflasi BPS pun, Chatib sudah cukup senang besarannya di angka 1,12%. Menurut dia, hasil tersebut lebih rendah dari perkiraan sebelumnya. Dia pun yakin inflasi pada September dapat kembali normal.

"Kita khawatir itu jika inflasi di atas 1,3%. Kalau dilihat trennya seperti ini September akan balik ke normal. Inflasi Juli 3,3%, inflasi Agustus 1,1%, ya September sudah di bawah 1% kan. Berarti inflasinya in line," ujar Chatib. (Oginawa R Prayogo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com