Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Sepeda Motor Indonesia Terbesar Ketiga Dunia

Kompas.com - 03/09/2013, 13:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Industri kendaraan roda dua Indonesia menduduki posisi ketiga terbesar di dunia. Posisi pertama ditempati China, kemudian disusul oleh India.

"Indonesia negara ketiga penghasil sepeda motor. (Produsen terbesar) pertama adalah China dengan total produksi sekitar 23.600.000 unit. India berada di posisi kedua dengan 14.570.000 unit," ujar Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala di Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia masih merajai produksi sepeda motor di antara negara-negara anggota Federasi Otomotif ASEAN (AAF). Indonesia berada di peringkat pertama dengan jumlah produksi 7.141.586 unit pada tahun 2012. Sementara itu, Thailand berada di posisi kedua dengan jumlah produksi 2.130.067 unit.

Sigit juga mengungkapkan sampai bulan Juli 2013 terdapat peningkatan pasar domestik sebesar 8,2 persen year to date. Adapun daerah penyumbang pertumbuhan pasar antara lain Pulau Jawa, Jakarta, Bangka Belitung, Yogyakarta, dan Papua.

"Sampai Juli total pasar 4,6 juta unit. Pertumbuhan 8,2 persen. Kami memprediksi tahun ini lebih baik dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan hanya terjadi di area Jawa, Bali, dan Papua. Di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi ada koreksi berkaitan dengan komoditas," ungkap Sigit.

Dilihat dari sisi kategori, Sigit menjelaskan, pasar terbesar sepeda motor adalah dari jenis skuter, diikuti dengan cub atau bebek dan sport.

"Pasar terbesar pada jenis skuter, 63 persen year to date 2013. Lalu jenis cub atau bebek dengan 23,5 persen. Sisanya sport," kata Sigit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com