Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Harapan Menkeu Untuk Kepala BKPM Baru

Kompas.com - 03/09/2013, 15:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan merangkap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri menyampaikan ada beberapa tugas penting yang harus diselesaikan oleh Kepala BKPM yang baru.

"Pekerjaannya (Kepala BKPM) penting sekali kalau menurut saya," kata Chatib di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Chatib menyatakan, saat ini defisit transaksi berjalan masih terjadi. Bahkan hingga akhir tahun nanti defisit masih ada, walaupun mengecil. Defisit itu, kata Chatib, harus ditutup di neraca modal yang harus dari penanaman modal asing (PMA). "Jadi ya peran BKPM sangat penting," ucap Chatib.

Oleh karena itu, Chatib menekankan jabatan Kepala BKPM harus dipegang oleh orang yang sangat kompeten dalam investasi. Investor-investor asing menurutnya harus benar-benar digandeng untuk kurangi defisit neraca transaksi berjalan.

Terkait isu bahwa Duta Besar RI untuk AS Dinno Patti Jalal akan menggantikan Chatib mengepalai BKPM, Chatib mengaku belum mengetahui hal tersebut. "Saya belum tahu. Saya belum ketemu sama Pak Dino. Presiden juga belum bicara," kata Chatib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com