Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anton Gunawan Fokus pada Stabilitas Sistem Keuangan

Kompas.com - 03/09/2013, 20:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Anton Hermanto Gunawan dalam uji kelayakan dan kepatutan di Komisi XI DPR menyatakan bahwa dirinya akan fokus pada kestabilan sistem keuangan jika terpilih menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia.

Kepala Ekonom Bank Danamon ini diuji oleh Komisi XI DPR pada pukul 16.00, setelah Mirza Adityaswara. Ia memaparkan kestabilan sistem keuangan, baik dari segi ekonomi maupun makro.

"Sistem pembayaran menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Kita lihat stabilitas makro dan moneter tidak terlepas dari kinerja transaksi berjalan, sehingga kredibilitas kebijakan moneter dan komponen penting di BI," kata Anton di Ruang Rapat Komisi XI DPR, Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Dari sisi keuangan, Anton menekankan harmonisasi antara BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mengawasi dan mencapai perbankan yang sehat. Tahun depan, OJK akan mengawasi sistem perbankan.

"Keuangan menjadi pencapaian perbankan yang penting. Sudah sepatutnya dijaga dengan baik. Pengalihan ke OJK tahun depan menjadi agenda sangat penting," ujar Anton.

Anton H. Gunawan dan Mirza Adityaswara akan bertarung dalam memperebutkan posisi Deputi Gubernur Senior BI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com