Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Calon Deputi Gubernur Senior BI

Kompas.com - 04/09/2013, 10:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Malam ini, Rabu (4/9/2013), Komisi XI DPR akan mengumumkan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) setelah kemarin melakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Adapun dua orang calon yang diuji adalah Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Mirza Adityaswara dan Kepala Ekonom Bank Danamon Anton Hermanto Gunawan. Calon yang terpilih akan memangku jabatan sebagai Deputi Gubernur Senior BI selama satu tahun hingga 2014 mendatang.

Berikut jejak kedua calon deputi gubernur BI tersebut:
Mirza Adityaswara Mirza
Ia mengawali karirnya pada Bank Sumitomo pada tahun 1989 hingga 1993, kemudian pada bank PDFCI hingga 1994. Ia memasuki dunia sekuritas dengan bekerja pada BZW Niaga Securities sebagai Banking Analist/Analist Director antara 1995 hingga 1997.

Mirza lalu berkecimpung di sektor sekuritas lokal maupun asing, antara lain Deutsche Morgan Grenfell (direktur, 1997-1998), Indosuez W.I. Carr (direktur, 1998-2001), PT Bahana Securities (direktur, 2002-2005), dan Credit Suisse Securities (direktur, 2005-2008).

Pada tahun 2008 Mirza menapak karir di Bank Mandiri. Tahun 2008 hingga 2012, ia menjadi Managing Director Mandiri Sekuritas. Ia pun merangkap jabatan sebagai Kepala Ekonom Bank Mandiri. Sejak tahun 2012, Mirza menjabat Kepala Eksekutif LPS.

Anton Hermanto Gunawan
Sama seperti Mirza, Anton juga lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI). Ia melanjutkan studi magister pada Columbia University dan University of Chicago, AS.  Sejak tahun 2008 hingga saat ini, Anton menjabat sebagai Kepala Ekonom Bank Damamon.

Sebelumnya, ia bekerja selama lebih dari 7 tahun di Citibank. Di sana, ia menjabat sebagai Country Economist for Indonesia. Ia pun pernah mengabdi pada almamaternya dengan bekerja di Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPM) FE UI sebagai Direktur Riset.

Selain menjabat sebagai Kepala Ekonom di Bank Danamon, Anton juga menjabat sebagai President Commissioner di PT Metro Realty Tbk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com