Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan Studi Banding Mobil Listrik di AS

Kompas.com - 04/09/2013, 13:29 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan melakukan studi banding mobil listrik ke Seattle, Amerika Serikat, malam ini. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi mobil listrik nasional pada masa mendatang.

Studi banding dilakukan ke dealer mobil listrik Tesla di Seattle. Kota ini merupakan kota yang menjadi pusat industri pesawat Boeing dan Microsoft serta tempat lahirnya industri waralaba kopi Starbucks. Tesla adalah mobil listrik paling laris di AS dengan penjualan yang direncanakan mencapai 25.000 unit tahun ini. Salah satu produk Tesla yang dipajang di situ adalah sedan empat pintu dengan empat penumpang berwarna merah.

Dalam studi banding ini, Dahlan mengenang mobil listrik Ferrari jenis Tucuxi. Dahlan membandingkan apakah benar semua mobil listrik di AS tidak menggunakan gearbox, seperti mobil listrik yang ditabrakkan ke tebing di daerah Sarangan, Magetan, beberapa waktu lalu.

"Ternyata mobil Tesla yang saya lihat ini menggunakan gearbox," kata Dahlan dalam pesan singkatnya yang diterima Kompas.com di Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Belum puas dengan gambar yang dipajang di dealer tersebut, Dahlan pun bertanya kepada teknisi Tesla yang ada di dealer tersebut. Mengutip dari teknisi tersebut, mobil listrik ini menggunakan gearbox. Tujuannya untuk pengendalian mobil saat menghadapi jalan yang curam.

"Berarti tidak salah kalau mobil listrik generasi kedua yang dibidani Pendawa Putra Petir juga menggunakan gearbox," tambahnya.

Beberapa waktu lalu, mobil listrik Tucuxi milik Dahlan Iskan yang ditaksir seharga Rp 1 miliar menabrak tebing di kawasan Telaga Sarangan, Magetan. Tabrakan ini disinyalir tidak adanya gearbox (rem) saat terjadi turunan tajam.

Mobil listrik ini dikendarai dalam rangka uji coba dari Solo ke Surabaya. Namun naas, saat berada di tebing Telaga Sarangan, mobil tersebut kehilangan kendali dan menabrak tebing. Untung Dahlan dan penumpang di sampingnya selamat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com