Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia "Tentang" AS, Harga Emas Dunia Melorot

Kompas.com - 05/09/2013, 08:04 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com -
Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange pada Rabu (4/9/2013) waktu setempat (Kamis pagi WIB) turun ke posisi terendah dalam hampir dua minggu.
     
Rencana serangan militer Amerika Serikat terhadap Suriah menghadapi penentangan dari Rusia, sehingga mengikis permintaan emas sebagai safe haven.
     
Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember kehilangan 22 dollar AS, atau 1,56 persen, menjadi menetap di 1.390 dollar AS per ounce.

Menurut laporan, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan ia hanya akan mendukung resolusi PBB untuk serangan militer jika ada bukti yang meyakinkan bahwa pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia terhadap rakyatnya.

Analis pasar mengatakan, keberatan Rusia menyebabkan investor keluar dari emas karena menjadi semakin jelas bahwa AS akan menghadapi penentangan.

Harga emas telah turun 17 persen sepanjang tahun ini, memasuki pasar lesu pada April, setelah beberapa investor kehilangan kepercayaan pada logam mulia di tengah inflasi yang rendah di AS.

Namun demikian, karena emas bergerak lebih rendah pada hari ini, beberapa analis percaya itu adalah berlawanan dengan intuisi, pedagang biasanya "membeli pada rumor, menjual pada fakta."

Sementara perak untuk pengiriman Desember turun 1,014 dollar AS, atau 4,15 persen, menjadi ditutup pada 23.415 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com