Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saran Analis soal IHSG Hari Ini?

Kompas.com - 05/09/2013, 08:19 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
Di luar dugaan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) justru ditutup melemah kemarin (4/9/2013). Isu dalam negeri terkait defisit neraca perdagangan, inflasi dan rupiah masih memberikan sentimen negatif pergerakan indeks.

Sementara dari sisi lain, ada sentimen positif yang datang dari data manufaktur AS yang menguat mengikuti pengumuman data yang sama dari Eropa dan China. Sayangnya, sentimen itu tertutup oleh spekulasi agresi ke Suriah pasca pernyataan pejabat partai Republik AS yang mendukung rencana Presiden Obama mengambil aksi militer terhadap Suriah.

"Jadi, kami perkirakan, hari ini IHSG masih bergerak mixed dan berada dalam tekanan dari nilai tukar rupiah yang melemah serta faktor eksternal dari rencana aksi militer AS," tandas Purwoko Sartono, analis Panin Sekuritas, Kamis (5/9/2013).

Menurutnya, IHSG hari ini bakal bergerak di kisaran level 4.060-4.150. Dia juga memberikan rekomendasi mencermati saham-saham emiten berpendapatan dolar AS. "Beberapa hari terakhir, saham-saham tersebut aktif diperdagangkan," tukas Purwoko.

Sementara Christandi Rheza Mihardja, analis Sinarmas Sekuritas berpendapat, selain soal Suriah, perdagangan hari ini akan dipengaruhi data neraca perdagangan AS yang diperkirakan mengalami defisit sebesar  38,7 miliar dollar AS dan penetapan kebijakan monetary dari BOJ. "IHSG hari ini bergerak melemah, di kisaran level 4.047-4.122," pungkas Christandi.

Sementara saham-saham yang dapat diperhatikan secara teknikal adalah BBRI, WIKA, INKP, dan HERO. (Dityasa H Forddanta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com