Jumat, 28 November 2014

Ekonomi / Makro

Devisa Pariwisata 2013 Ditargetkan 10 Miliar Dollar AS

Kamis, 5 September 2013 | 13:44 WIB
KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Kedatangan wisatawan mancanegara di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Kamis (22/8/2013).

DENPASAR.KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu menargetkan devisa dari sektor pariwisata tahun 2013 ini mencapai 10 miliar dollar AS.

Jumlah ini dinilai realistis karena pada tahun 2012 lalu, devisa dari Pariwisata sudah menembus angka 9 miliar dollar AS dengan jumlah wisatawan mancanegara 8 juta orang.

"Kalau kita bicara sumbangan devisa dari Pariwisata, itu menduduki posisi nomor 4 dari ekspor barang dan jasa, tahun lalu kontribusi kita 9 milliar (dollar AS) dengan kunjungan wisatawan mancanegara 8 juta, kita targetnya (tahun ini) mungkin bisa 9,5 sampai 10 miliar dollar AS," ujar Mari Elka disela-sela menghadiri Konferensi CEO Global Forbes di Nusa Dua, Bali, Kamis (5/9/2013).

Mari Elka menjelaskan, lima negara terbesar yang menyumbang turis terbanyak ke Indonesia adalah Singapura, Malaysia, Australia, RRC, dan Jepang. Sementara itu warga dari sejumlah negara Asia dan Eropa lainnya juga "rajin" berwisata ke Indonesia.

"Kita berharap dengan adanya APEC, WTO, dan Miss World akan meningkatkan wisatawan mancanegara di penghujung tahun," jelas Mari Elka.

Mantan Menteri Perdagangan ini juga menyampaikan data pertumbuhan pariwisata pada semester pertama tahun ini mencapai 6,6 persen di atas angka pariwisata global yang hanya 5 persen.

Penulis: Kontributor Bali, Muhammad Hasanudin
Editor : Bambang Priyo Jatmiko