Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Diluncurkan, 100 Dollar AS Desain Baru

Kompas.com - 08/09/2013, 11:01 WIB
Estu Suryowati

Penulis



JAKARTA, KOMPAS.com
- Bank sentral AS, Federal Reserve, mengumumkan akan menerbitkan desain baru pecahan 100 dollar AS pada 8 Oktober 2013. Desain baru itu akan dilengkapi fitur keamanan, seperti halnya warna biru serta pita keamanan 3-D, yang memungkinkan publik mengetahui keaslian mata uang tersebut.

Dalam keterangan yang dikutip dari http://www.newmoney.gov disebutkan bahwa desain baru itu sejatinya akan mulai dirilis pada 2010. Namun, karena ada sejumlah masalah produksi, akhirnya peluncurannya ditangguhkan.

Untuk memudahkan masa transisi, the Fed melakukan program edukasi kepada publik, yang mencakup kalangan bisnis maupun konsumen di seluruh dunia mengenai perubahan desain mata uang 100 dollar AS.

Adapun tambahan fitur keamanan itu mencakup benang pengaman 3D yang berada dalam kertas. Jika digerakkan ke depan belakang, gambar lonceng dan 100 tampak begerak dari sisi ke sisi. Saat digerak-gerakkan ke sisi-sisi, gambar tersebut nampak bergerak ke atas dan bawah.

Kemudian, lonceng akan berubah warna dari tembaga ke hijau. Ini memunculkan efek gambar lonceng yang hilang, timbul dalam botol tinta.

Adapun fungsi pengaman pada desain lama tetap digunakan, yakni tanda air potret dan benang pengaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com