Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Perekonomian AS Melemah, Harga Minyak Turun

Kompas.com - 09/09/2013, 20:23 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Harga minyak dunia turun pada Senin (9/9/2013) merespons lemahnya data perekonomian AS. Isu tersebut seolah menyingkirkan perhatian terhadap rencana AS menyerang Suriah.

Minyak jenis Brent North Sea untuk pengiriman Oktober turun 1,09 dollar AS per barrel dan berada di posisi 115,03 dollar AS per barrel di pasar London. Sementara itu, kontrak utama pasar New York, West Texas Intermediate (WTI), untuk pengiriman bulan tersebut turun 63 sen dollar AS menjadi 109,90 dollar AS per barrel.

“Pada Jumat pekan lalu, data ketenagakerjaan menunjukkan pelemahan dari yang diperkirakan. Selain itu, data impor komoditas oleh China juga menunjukkan bahwa impor minyak pada Agustus tidak terlalu tinggi ketimbang bulan sebelumnya,” ujar analis dari Commerzbank, Carsten Fritsch.

Amerika Serikat merupakan konsumen terbesar minyak, di samping juga China. Data ketenagakerjaan AS menunjukkan bahwa jumlah lapangan kerja baru bertambah 169.000 pekerjaan pada Augustus. Jumlah itu lebih sedikit ketimbang yang diprediksi analis, yaitu 177.000 pekerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com