Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Lowongan PNS Pekan Ini

Kompas.com - 10/09/2013, 11:55 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Sejumlah kementerian atau lembaga mulai melakukan proses rekrutmen calon pegawai negeri sipil (PNS) mulai pekan ini. Kebutuhan PNS ini ialah untuk memenuhi jumlah tenaga kerja di instansi tersebut.

Seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, kementerian atau lembaga yang membuka lowongan calon PNS adalah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kementerian Lingkungan Hidup, dan Kejaksaan Agung.

Untuk BPK, dibutuhkan 165 sarjana S-1 untuk diangkat sebagai calon PNS golongan III. Rekrutmen ini untuk ditempatkan pada kantor perwakilan BPK di seluruh Indonesia.

Adapun jurusan yang diinginkan ialah sebagai berikut.
1. Ekonomi Akuntansi (88 orang)
2. Ekonomi Manajemen (15 orang)
3. Ilmu Hukum (40 orang)
4. Teknik Sipil (10 orang)
5. Hubungan Internasional (2 orang)
6. Teknik Informasi/Ilmu Komputer/Sistem Informasi (10 orang)

Sekjen BPK selaku Ketua Panitia Penerimaan CPNS Hendar Ristriawan dalam suratnya tertanggal 9 September 2013 menyebutkan, pendaftaran CPNS BPK RI dilaksanakan secara online tanpa mengirimkan berkas (paperless) melalui laman CPNS BPK RI http://cpns.bpk.go.id mulai tanggal 9-22 September 2013.

Pendaftaran dimulai dari tanggal 9-18 September 2013. Proses unggah berkas dapat dilakukan dari tanggal 9 sampai dengan 22 September 2013. Proses penguncian (locked) paling lambat dilakukan tanggal 22 September 2013 pukul 24.00 WIB.

"Pelamar yang tidak mengunci pada tanggal tersebut dinyatakan tidak dapat mengikuti proses seleksi administrasi," tulis Hendar.

Adapun berkas yang harus diunggah meliputi pasfoto berwarna 4 x 6 (format jpeg), ijazah S-1 sesuai formasi (pdf), transkrip S-1 sesuai formasi—nilai IPK yang dipersyaratkan (pdf), akta kelahiran (pdf), bukti akreditasi jurusan sesuai formasi (pdf), kartu tanda penduduk (KTP) (pdf), dan sertifikat TOEFL (pdf). Nilai minimal sertifikat TOEFL atau sertifikat Institutional Testing Program (ITP) adalah 450 dan telah diperoleh sejak 1 September 2012.

Hasil dari penerimaan tes calon PNS tahun anggaran 2013 ini akan ditempatkan pada Kantor Perwakilan BPK-RI di seluruh Indonesia untuk mengisi kebutuhan sumber daya manusia sesuai formasi yang ditetapkan.

Sementara Kementerian Lingkungan Hidup memerlukan 20 orang tenaga kerja di berbagai posisi dan akan ditempatkan di Jakarta, Kalimantan, hingga Papua. Untuk penerimaan berkas lamaran ini, akan diberi batas hingga 13 September 2013 pukul 24.00 WIB.

Pelamar harus menyertakan berkas lamaran dalam bentuk soft file (hasil scan) dikirim melalui e-mail ke alamat rekrutmen@menlh.go.id, dengan menuliskan subyek e-mail: Lamaran CPNS KLH 2013 (nama lengkap) (kode jabatan). Pelamar yang berminat harus membuat surat lamaran langsung dari e-mail sesuai format lamaran seperti contoh di http://www.menlh.go.id/DATA/CPNS_2013/PENGUMUMAN.PDF .

Pelamar yang diterima berusia setinggi-tingginya 35 tahun per 31 Desember 2013, dan sersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk ditempatkan di kantor Pusat Pengelolaan Ekoregion/PPE di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua.

Lowongan PNS ketiga datang dari Kejaksaan RI yang membuka pendaftaran lowongan untuk 1.000 orang.

Lowongan ini tersedia untuk beberapa formasi sebagai berikut.
1. 450 lulusan S-1 Ilmu Hukum untuk jabatan fungsional calon jaksa (Golongan III/a).
2. 38 orang lulusan S-1 Ekonomi/Akuntansi untuk jabatan fungsional calon auditor (Golongan III/a).
3. 38 orang lulusan D-3 Komputer untuk jabatan fungsional calon pranata komputer (Golongan II/c).
4. 38 orang lulusan D-3 Ekonomi/Akuntansi untuk jabatan fungsional calon auditor (Golongan II/c).
5. 436 orang lulusan SLTA untuk pengawal tahanan, penyiapan barang bukti, pengemudi, dan caraka (Golongan II/a).

Tata cara melamar silakan lihat di http://www.kejaksaan.go.id/rekrutmen/tatacara.php.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com