Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Lowongan CPNS Kementerian Kehutanan

Kompas.com - 11/09/2013, 10:55 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Kehutanan membuka kesempatan kepada warga negara Indonesia untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang akan ditugaskan di unit-unit kerja Kementerian Kehutanan di seluruh Indonesia.

Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Kehutanan selaku Ketua Panitia Pengadaan CPNS Kemenhut Formasi 2013 Billy Hindra menyebutkan, pelamar dapat mendaftar secara online melalui laman http://cpnsonline.dephut.go.id mulai tanggal 10 September 2013 sampai 24 September 2013.

"Pelamar hanya diperkenankan memilih satu nama jabatan. Namun, pilihan tersebut tidak bersifat mutlak dan panitia berhak menempatkan peserta yang lulus sesuai kebutuhan organisasi," kata Billy di Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Kualifikasi pendidikan dan formasi CPNS tahun 2013 meliputi
1. Sekolah menengah kejuruan (SMK) kehutanan 152 orang
2. Diploma III (D-III) 122 dan sarjana (S-1) 284 orang
3. Dokter umum dan dokter gigi 2 orang
4. Pasca-sarjana (S-2) 10 orang

Pelamar akan menjalani seleksi CPNS dalam tiga tahap dengan sistem gugur, yakni seleksi administrasi, tes kemampuan dasar (TKD), dan tes kemampuan bidang (TKB). Khusus untuk jabatan polisi kehutanan, pelamar harus menjalani tes kesehatan dan kebugaran.

Pelamar memilih sendiri lokasi tes pada saat melakukan pendaftaran online. Kementerian Kehutanan menetapkan kuota untuk peserta yang lulus seleksi administrasi dan dapat mengikuti TKD sebanyak 8.550 orang.

Tahapan seleksi administrasi dilakukan terhadap pelamar yang telah melakukan pendaftaran online serta menyampaikan berkas pendaftaran dan memenuhi seluruh persyaratan melalui sistem pemeringkatan IPK dan akreditasi program studi.

Jadwal pelaksanaan TKD dan TKB akan diumumkan kemudian, sedangkan hasil seleksi administrasi dijadwalkan akan diumumkan pada 28 September 2013 melalui laman www.dephut.go.id atau www.ropeg.dephut.go.id atau http://cpnsonline.dephut.go.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com