Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Banyak Orang Kaya di China

Kompas.com - 11/09/2013, 18:01 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, China memiliki miliarder dollar hingga di atas 300 orang, seiring dengan melajunya perekonomian di negara Tirai Bambu itu.

Dari laporan majalah The Hurun Report, nama-nama baru bermunculan dan semakin menambah panjang daftar miliarder darinegtara tersebut. Seperti halnya taipan yang memiliki bisnis properti, Wang Jianlin, yang kekayaannya naik dua kali lipat menjadi 22 miliar dollar AS.

Miliarder dollar adalah sebutan bagi pengusaha yang memiliki kekayaan di atas 1 miliar dollar AS atau melampaui Rp 11 triliun per orang. Majalah tersebut mencatat, jumlah miliader dollar China bertambah 65 orang dari tahun lalu.

Namun demikian, dari daftar miliarder dollar itu, ada beberapa di antaranya yang terlilit kasus. Dari miliarder dollar yang masuk daftar tahun lalu, terdapat 10 orang yang sedang menghadapi masalah hukum. Mereka berasal dari Chengdu, ibu kota provinsi Sichuan.

Perempuan pengusaha properti, Wu Yajun anjlok dari posisi nomor 8 terkaya menjadi nomor 22, dan kekayaannya anjlok hingga hampir seperempatnya, menjadi 4,6 miliar setelah dia memberikan harta gono-gini senilai 3 miliar dollar AS kepada mantan suaminya lantaran bercerai. Majalah itu sekaligus menyebut perceraian Wu Yajun adalah yang termahal.

Profesor keuangan dari China Europe International Business School in Beijing, Oliver Rui, menyatakan daftar tersebut akan semakin membuka transparansi mengenai harta yang didapat para miliarder dollar tersebut.

“Karena desakan publik, pemerintah China berusaha untuk terus meneliti sumber harta dan afiliasinya. ADa yang diinvestgasi, dan sekaligus ada yang ditangkap,"jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com