Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agus Marto dan Jokowi Luncurkan 4 Langkah Atasi Inflasi

Kompas.com - 13/09/2013, 13:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) melakukan rapat koordinasi membahas langkah-langkah strategis yang menjadi fokus program stabilisasi Provinsi DKI Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, kedua belah pihak juga melakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama terkait Bantuan Teknis Pengembangan UMKM di DKI Jakarta. Setelah itu, Agus dan Jokowi melakukan kunjungan lapangan ke Pasar Blok G Tanah Abang, Jakarta sekaligus melakukan penyerahan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (BI).

Adapun 4 langkah stategis pengendalian inflasi di Jakarta adalah (1) mengembangkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), (2) memperkuat kerjasama perdagangan dengan daerah pemasok komoditas pangan strategis, (3) membenahi infrastruktur yang mendukung perdagangan dan logistik, serta (4) mendukung pengembangan UKM.

"Empat langkah strategis yang dibahas dalam rapat koordinasi tersebut sangat diperlukan untuk mengatasi tekanan inflasi di Jakarta," kata Agus di Kantor Pusat BI, Jakarta, Jumat (13/9/2013).

Sementara itu, Jokowi memandang PIHPS akan memudahkan akses informasi harga pangan oleh masyarakat. "PIHPS akan mempermudah akses informasi harga bahan pangan oleh seluruh masyarakat, mendorong transparansi harga di tingkat konsumen dan produsen," ujar Jokowi.

Sementara itu, penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait Bantuan Teknis Pengembangan UMKM di Provinsi DKI Jakarta bertujuan untuk meningkatkan akses UMKM kepada lembaga keuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com